RSS

Gorengan Ranjem (ampas tahu)

Ranjem adalah ampas dari pembuatan tahu, meskipun bisa di sebut sebagai limbah tapi jangan salah, bagi orang Purwokerto dan sekitarnya banyak manfaatnya diantaranya adalah untuk pakan ayam, itik, bebek, basur, entog, ikan dll. Tetapi bagi masyarakat Purwokerto ranjem ini juga di gunakan untuk konsumsi masyarakat sendiri karena harganya yang sangat-sangat murah meriah, terkadang bukan hanya di jadikan gorengan saja bisa juga di buat sayur (jawa : jangan ranjem) di campur dengan daun melinjo (jawa : godong so). hehe,, soal rasa jangan di tanya, tergantung dari tangan si pengolahnya. Ada juga yang menjadikannya pepes ranjem dan masih banyak lagi resep-resep mengenai ranjem yang lainnya.

Di sini yang akan saya bahas resepnya adalah Gorengan Ranjem saja kalaupun resep ranjem yang lainnya Insya Allah di lain kesempatan akan saya bagikan infonya.

Bahan :

  1. Ranjem (ampas tahu)
  2. Tepung Terigu
  3. Air (secukupnya)
  4. Minyak Goreng
Bumbu :
  1. Ketumbar
  2. Bawang Putih
  3. Garam
  4. Penyedap (Micin)
Cara Membuat :
Haluskan bumbu lalu aduk dengan tepung dan air secukupnya (jangan terlalu encer) sebaiknya adonan sangat kental agar bisa melekat pada ranjem. betuk ranjem bulat bulat atau apa saja sesuai selera anda lalu balut dengan adonan setelah itu goreng sampai warna kecoklatan.

Mudah Bukan.

1 comments:

Nur's said...

Mampir nang blogku kang :)

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon dan mohon jagan berbau spam....!!!