RSS

Ajaran Islam Tentang Kebersihan

Agama Islam sangat menekankan kebersihan lahir dan batin, menjadikannya sebagai salah satu sendi ajaran Islam, misalnya menjadi syarat syahnya ibadah bahkan disebutkan dalam hadist riwayat Baihaqi sebagai syarat masuk syurga.

Kebersihan yang ditekankan oleh islam tersebut meliputi, antara lain :
I. Kebersihan diri sendiri
    Kebersihan diri ini meliputi kebersihan lahir dan batin.
  1. Kebersihan lahir meliputi kebersihan badan dan pakaian dari najis dan kotoran, dan lain sebagainya. Firman Allah : "Dan pakaianmu bersihkanlah." (QS. Al-Mudatsir:4)
  2. Kebersihan batin, yakni batin/hati yang bersih dari perbuatan kotor seperti sifat sombong, hasud,  bakhil, kufur serta dosa-dosa lainnya. Cara membersihkan jiwa/batin adalah dengan bertaubat. Firman Allah : "Dan perbuatan dosa [menyembah berhala] tinggalkanlah." (QS. Al-Mudatsir:5) dalam ayat lain "Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu." (QS. Al-Syam:9)
    Sebagai Orang yang beriman kita harus senantiasa menjaga kebersihan lahir dan batin karena yang demikian itu disukai oleh Allah. Firman Allah : "...Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri." (QS. Al-Baqara:222)
    Sabda Nabi Muhammad saw : "Islam itu bersih, maka berusahalah kamu untuk selalu bersih karena sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang yang bersih." (HR. Baihaqi)


II. Lingkungan dimana kita tinggal
Perintah untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya itu terungkap pada akhir hadist Nabi Muhammad saw berikut ini :
"Sesungguhnya Allah Ta'ala itu baik dan suka kepada yang baik. Dia itu suci dan suka pada yang bersih. Dia itu mulia dan suka kepada yang mulia. Dia itu pemurah dan suka kepada orang yang pemurah. Oleh sebab itu bersihkanlah lingkunganmu..." (HR. Tirmidzi dari Sa'ad)
Termasuk lingkungan tempat tinggal adalah sekolah, tempat menuntut ilmu apa saja, tempat kerja dan lain sebagainya.

III. Tempat Ibadah
Tempat ibadah seperti masjid, mushola/langgar/surau mutlak harus di jaga kebersihannya terutama dari najis, mengingat salah satu syarat syahnya shalat adalah suci tempatnya. Bahkan orang yang berhadas besar seperti haid, dalam keadaan junub dan lain sebagainya tidak boleh lewat atau berada di dalamnya.


IV. Tempat Umum
Yaitu tempat yang sering di kunjungi orang banyak, sseperti terminal, pasar, halte, jalan, tempat beristirahat dan lain sebagainya juga, harus dijaga kebersihannya. Sabda Nabi Muhammad saw : "Iman itu terdiri atas tujuh cabang atau lebih, yang paling tinggi adalah laa ilaaha illallah, dan yang paling terendah adalah menyingkirkan gangguan (duri) di jalan jalan."(HR. Muslim)

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon dan mohon jagan berbau spam....!!!